186 Calon Jamaah Haji Ikut Bimbingan Manasik

0

PANGKALAN BALAI – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH membuka secara resmi manasik haji Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Sebanyak 186 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Banyuasin mengikuti manasik haji yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-Amir, Rabu (10/5).

Bupati Askolani dalam sambutannya meminta jamaah Kabupaten Banyuasin yang terpilih untuk berangkat melaksanakan ibadah haji agar tetap menjaga kesehatan dan khusuk dalam mengikuti rangkaian haji. Menurutnya, jamaah yang ada saat ini adalah manusia-manusia yang ditunjuk oleh Allah untuk berhaji bukan karena pangkat atau posisi tetapi merupakan pilihan Allah.

“Adanya bimbingan manasik haji ini sangat perlu guna memberikan wawasan dan pengetahuan sikap serta perilaku dalam menunaikan ibadah haji agar terlaksananya rukun haji sesuai aturan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini menghimbau agar seluruh calon jamaah memanfaatkan waktu yang ada untuk terus mempelajari dan mengkaji ilmu manasik haji yang diperoleh karena rangkaian ibadah haji juga dipenuhi dengan aktifitas doa. Untuk itu pelajari setiap doa dengan baik dan benar serta pahami pula makna yang terkandung sehingga semakin bernilai di mata Allah SWT.

“Diharapkan agar para calon jamaah senantiasa menjaga kesehatan tubuh, karena hampir seluruh tahapan dalam pelaksanaan jemaah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kesehatan prima agar seluruh tahapan ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Banyuasin, Drs. H. Yeri Taswin, M.Pdi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah pembukaan secara resmi manasik haji dan merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan pembekalan calon jamaah haji yang berjumlah keseluruhan 186 jamaah Kabupaten Banyuasin yang akan berangkat.

“Melalui manasik haji ini para jamaah akan melatih diri dan melakukan penyesuaian serta diberikan gambaran mengenai lokasi yang akan dimasuki saat ibadah haji nantinya, diharapkan agar para jamaah bisa fokus melakukan sejumlah rangkaian agar bisa mempraktekkannya ketika di mekah nanti,” katanya.

Selain orang nomor satu di Kabupaten Banyuasin tersebut, turut hadir Ketua Baznas KH. Demiyati Mahasar, Kabag Kesra Sashadiman Ralibi, S.Ag.,M.SI, Kepala Dinas Perhubungan Mulyanto, AP.,M.SI, Kepala Satuan Pol PP Drs. H. Indra Hadi, M.SI, Direktur RSUD Banyuasin Tim Kesehatan Haji dr. Ari Fauta, Camat Banyuasin lll Santo, S.Sos.,M.SI, Para Peserta Manasik Calon Jamaah Haji, Lurah Air Batu sekaligus Tim Pemandu Haji Daerah Muslim Ansori, SH. (Diskominfo/IKP).

https://niagaspace.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com/assets/images/affiliasi/banner/banner-banner-1658721136-artboard1-4.png

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here