BANYUASIN,- Setelah melakukan monitoring di Beberapa Desa dari 21 Desa. Pihak Kecamatan Banyuasin III kembali melakukan monitoring Pembangunan dan Program Desa, kali ini tepatnya di Desa Terlangu.

Monitoring dipimpin oleh Sekcam Banyuasin III, Zainul Ikhsan di dampingi oleh Kasi PPD Kecamatan Banyuasin III, Imran Hadi. ikut serta dalam kegiatan, Auditor Wilayah I Inspektorat Banyuasin. Arie.

Tim monitoring ini sendiri disambut oleh Pj Kepala Desa Terlangu, Hadianto. S. Sos. M. Si. bersama Sekdes serta Perangkat Desanya.

Sebelum melakukan monitoring, Rombongan ngopi bareng dan makan bersama di Kantor Desa Terlangu, diketahui dari informasi yang didapat Pemdes Desa Terlangu tahun 2023 ini mengalokasikan dana Desa untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni sebanyak empat unit rumah. Kemudian Pemdes juga membagikan Tandon air untuk warga sebanyak 137 Rumah. Kemudian ditambah untuk fasilitas umum seperti satu buah Masjid, Posyandu dan TK TPA. Sehingga total 140 buah tedmon.

“APBDes tahun 2023 tahap I kita monitoring, Alhamdulillah untuk Kecamatan Banyuasin III hampir 90% semua sudah terlaksana,”Kata Camat Banyuasin III, Santo. S. Sos. Melalui Kasi PPD Kecamatan Banyuasin III, Imran Hadi. Ketika dibincangi awak Media, Selasa. 6/6/23.

Dirinya berharap, dengan adanya monev DD tahap I kali ini Desa yang ada di Kecamatan Banyuasin III dapat melaksanakan Pembangunan serta Kegiatan lainnya dengan baik dan benar.

“Kita berharap dengan adanya monev bagi Desa-desa di Kecamatan Banyuasin III ini dengan di hadiri langsung oleh Auditor Wilayah I Inspektorat Banyuasin, Pemdes dapat menjalankan pembangunan dari Dana Desa sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, untuk catatan dari monev ini pasti ada catatan dan akan kita bawa ke Kecamatan,”ucapnya.

Sementara itu, Inspektur Daerah Kabupaten Banyuasin, Ir. Zakirin. SP. Melalui Auditor Wilayah I Inspektorat Banyuasin, Arie. Ketika dibincangi mengatakan pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kecamatan Banyuasin III dengan melaksanakan monev di Setiap Desa yang ada di Kecamatan Banyuasin III.

“Kami apresiasi kegiatan ini, hal ini menunjukkan bukti kerjasama yang baik antara Kecamatan dan Inspektorat, semoga kegiatan ini terus berjalan dalam menjalankan tugas Pembinaan dan pengawasan ke Desa-desa,”Katanya.

Dirinya menambahkan, dari monitoring yang mereka lakukan bahwa pembangunan dan program yang dilaksanakan oleh Pemdes sudah cukup bagus.

“Seluruhnya bagus, namun masih ada yang harus di sempurnakan seperti administrasi,”singkatnya.

Sementara, Pj Kepala Desa Terlangu. Hadianto. S. Sos. M. Si. Ketika diwawancarai mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pembangunan RTLH dan membagikan 139 tedmon untuk masyarakat desa.

“DD tahun 2023 tahap I kita cairkan sebesar Rp. 40%, dari Dana tersebut kita menganggarkan I unit rumah, dan kita membagikan 137 Tedmon setiap rumah, dan kita bantuan juga untuk masjid sebanyak 3 buah tedmon sehingga berjumlah 140 buah.”Ujar Hadianto.

Ditambahkannya, alasan mereka membagikan Bantuan tedmon tersebut untuk penampungan air sangat penting bagi masyarakat, ka

“Kita membagikan tedmon sebab kita nilai azas manfaatnya besar, karena masyarakat sangat membutuhkan penampungan air , tidak ada syarat bagi masyarakat sebab setiap rumah menerima, tidak ada tebang pilih dalam pembagiannya,”Jelas Hadianto.

Masih dikatakan Hadianto, Pembangunan Rumah di Desa Terlangu sudah melalui proses musyawarah bersama BPD dan Tokoh masyarakat.

“Pembangunan rumah kita melalui proses musyawarah, dan peraturan menteri dengan beberapa kriteria, kami sepakat bahwa ada empat buah rumah yang layak kita bangun, namun untuk tahap pertama ini kita selesaikan dahulu satu unit rumah, untuk tiga unitnya menyusul,”Tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here