Site icon hbnindonesia

Sambut Hari Anak Nasional Dinkes Banyuasin Gelar Lomba Balita Indonesia

Banyuasin,HbnIndonesia – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak Nasional, Dinas Kesehatan Banyuasin menggelar Lomba Balita Indonesia (LBI) tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2023, sesuai dengan surat Bupati Nomor 005/4/KAB.BA/2023, tanggal 10 Juli 2023, perihal Pelaksanaan Lomba Balita Indonesia Tk Kabupaten Banyuasin Tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, Dr. dr. Hj. Rini Pratiwi, M.Kes menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan upaya untuk mendapatkan sumber daya insani yang berkualitas melalui upaya pembinaan dan pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang balita di Kabupaten Banyuasin.

Dalam kegiatan ini terdapat 42 peserta lomba yang mewakili dari tiap-tiap kecamatan, 1 kecamatan mengirimkan 2 perwakilan untuk 2 kategori umur yang diperlombakan, yakni usia 6-24 bulan dan 2-5 tahun.

“Para peserta ini sebelumnya mengikuti seleksi terlebih dahulu ditingkat kecamatan, berkerjasama dengan puskesmas diambil juara 1 per tiap kategori,” kata Rini, usai acara pemberian hadiah kepada para pemenang lomba di Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (11/7/23).

Lain dari itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan partisipasi orang tua balita untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam membina dan meningkatkan tumbuh kembang balita agar tumbuh secara optimal dan meningkatkan peran lintas sektoral terkait dalam peningkatan kesehatan dan tumbuh kembang balita.

“Setelah seleksi di tingkat kabupaten, untuk pemenang pertama ditiap kategori akan dilombakan kembali di tingkat provinsi,” imbuh Dia.

Tidak hanya itu, untuk mendukung tercipatanya tumbuh kembang balita yang baik, saat ini Dinas Kesehatan Banyuasin juga telah mengembangkan alat permainan edukasi yang diberi nama SIGIMBANG (Sehatkan Diri Dengan Gizi Seimbang).

dr. Rini menerangkan bahwa Sigimbang terdiri dari 3 macam alat permainan yaitu monopoli, kartu kwartet dan ular tangga. Ketiga permainan ini berisi tentang pengetahuan tentang gizi seimbang dan cara untuk hidup dengan cara yang sehat.

“Kami telah mensosialisasikan Sigimbang ini keseluruh Puskesmas dan saat ini dalam proses untuk dibagikan ke desa. Harapannya dengan adanya SIGIMBANG akan menigkatkan pengetahuan orang tua dan anak tentang pola hidup sehat terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Dengan bermain anak dan orang tua sekaligus memperoleh pengetahuan tentang gizi seimbang,” jelasnya.

Exit mobile version