Banyuasin – Upaya menstabilkan laju inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopir Rustam kembali menggelar operasi pasar murah yang digencarkan sejak 5 (lima) bulan belakangan disetiap Kecamatan dinilai berhasil turut menekan laju inflasi di Bumi Sedulang Setudung.

Sesuai intruksi Presiden Joko Widodo, Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam akan terus menggelar pasar murah di Tahun 2024. Operasi pasar telah dilakukan selama Tahun 2023 selama 12 kali dan ditahun 2024 baru dilaksanakan 2 kali dan akan terus dilakukan, Dalam rangkaian operasi pasar murah dari Dinas Koperasi dan Perdagangan pihaknya menyediakan beras sebanyak 4 ton dijual dengan harga 53 ribu melalui kupon operasi pasar murah digelar di Pusat Kuliner Pangkalan Balai, Senin (8/1).

Untuk memastikan pelaksanaan operasi pasar murah berjalan lancar, Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam langsung meninjau operasi pasar murah dalam rangka menjalankan arahan dari Pemerintah pusat Jokowi untuk menekan laju inflasi, menurunkan kemiskinan ekstrim, dan stunting yang paling penting bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok secara intens sejak bulan September hingga hari ini ada masa integritas membuahkan hasil. Operasi pasar murah secara Nasional menurun drastis di Indonesia artinya masih terkendali.

“Tentunya tahun ini merupakan tantangan tersendiri buat kita pancaroba iklim juga terjadi kemudian kita jangan terlena dengan capaian inflasi di Indonesia termasuk di Banyuasin. Kita terus berwaspada dan terus meningkatkan intervensi-intervensi dalam hal ini melaksanakan program Pemerintah pusat melalui amanah presiden Jokowi yang telah mengarahkan kembali agar Indonesia tetap melakukan operasi pasar murah,” jelasnya.

Hani Syopiar Rustam mejelaskan, hari ini kami dengan Kapolres, Dandim, seluruh jajaran Dinas Kabupaten Banyuasin, perusahaan daerah swasta yang tersedia untuk bersama-sama bergandeng tangan menjual komoditi dengan harga murah pertama diawal Tahun 2024. Ini akan dilakukan secara kontinu setiap 2 kali dalam seminggu kita targetkan mudah-mudahan disetiap Kecamatan bisa berjalan dengan baik.

“Pada kesempatan yang sama kami juga menghadirkan layanan-layanan lainnya bagi masyarakat yaitu dari layanan dukcapil, layanan KB, layanan kesehatan, dan layanan perizinan untuk masyarakat secara keseluruhan dapat diperoleh secara gratis tidak berbayar ini bagian dari Pemkab Banyuasin dengan menghadirkan pelayanan kolaboratif. Mari bersama-sama kita mensukseskan program Presiden Jokowi dengan bergandeng tangan untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. Erwin Ibrahim ST.,MM.,MBA., IPU., Asean Eng menyampaikan memang kita diujung tahun sempat tinggi tetapi sekarang sudah turun. Dalam intruksi Pak Pj Bupati dalam seminggu kita akan menggelar operasi pasar murah 2 kali. Kita mengajak teman-teman distributor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga kegiatan ini bukan hanya disatu Kecamatan tapi di 21 Kecamatan Se-Kabupaten Banyuasin.

“Terhitung hari ini laju inflasi tidak ada lagi yang tinggi sudah normal kalau diujung tahun kemarin ada beberapa yang tinggi, awal tahun 2024 ini semuanya sudah normal baik harga cabe, beras, bawang merah putih, dan udang harganya sudah normal,” pungkasnya.

Adapun komoditi yang dijual dalam operasi pasar murah kepada masyarakat termasuk sembako beras 5 kg, minyak goreng 1 kg, gula , bawang merah, cabe setan, cabe merah keriting, daging sapi, daging kerbau, dan ikan lele.

SB: Diskominfo SP.IKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here