Destinasi Wisata Lubok Panjang Mulai di Minati, dari Warga Setempat Hingga Pegawai Negeri

0

Banyuasin, HBN – Warga Kabupaten Banyuasin khususnya di Kecamatan Banyuasin III dan sekitarnya dapat mengisi waktu libur maupun sekedar untuk menikmati waktu luang sambil makan-makan di tempat Destinasi wisata Lubok Panjang di Desa Pelajau.

Rombongan Puskesmas Petaling Mencoba Wahana Perahu

Pemandangan alam dengan nuansa perkebunan karet dan aliran air menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang datang.

Meskipun belum di kelola penuh dan belum di buka secara resmi oleh pemerintah setempat, Destinasi Wisata Lubok Panjang ini sudah memiliki Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang bertujuan untuk pengembangan yang nantinya akan di kelola untuk menjadi Wisata yang berkembang sehingga bisa menjadi pendapatan desa.

Pengurus Pokdarwis sendiri terus meningkat dan menambah pasilitas ditempat Destinasi Wisata Lubok Panjang agar kenyamanan dan keselamatan pengunjung serta agar lingkungan alam sekitar Lubok Panjang tetap terjaga ke asrian nya.

Dari keasrian alam itulah yang membuat pengunjung ingin meluangkan waktu sembari menghirup udara segar alam perkebunan karet.

Dari penuturan Ketua Pokdarwis Lubok Panjang, Sudarman mengatakan, saat ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam Lubok Panjang dengan fasilitas wahana yang disediakan sementara 2 perahu tradisional, ban dalam mobil bagi yang ingin bermain air, saung untuk photo, jembatan bambu penghubung aliran air sepanjang kurang lebih 300 meter serta pemandangan alami dari perkebunan karet dan saat ini digratiskan.

Meskipun digratiskan menurut Sudarman, fasilitas yang ada jangan dirusak karena tidak ada biaya perawatan, untuk membuat fasilitas tambahan juga, Sudarman mengaku harus keluar dana pribadi meskipun awalnya sudah ada kucuran dana desa 5 juta namun untuk perawatan biayanya dari dana pribadi dan sumbangan warga setempat.

Minat masyarakat terhadap Destinasi Wisata Lubok Panjang sendiri menurut Sudarman cukup baik dan terbukti antusias warga sering berkunjung ke lokasi Lubok Panjang yang dianggap sebagai aliran air yang melegenda sebagai tempat pemandian umum warga setempat serta adanya historis tersendiri, inilah menjadi kenangan warga yang diam di perantauan ketika pulang kampung, mengingatkan masa lalu.

Antusias warga juga sampai sekarang terus meningkat, bukan hanya warga setempat dari luar Desa Pelajau juga datang untuk berkunjung, hari ini saja kata Sudarman mengungkapkan kunjungan Kepala Puskesmas Petaling beserta rombongan memanfaatkan waktu luang untuk menikmati keindahan alam Lubok Panjang sambil makan-makan.

Ditemani Istri kepala Desa dan pengurus Pokdarwis, terlihat rombongan dari puskesmas Petaling Kecamatan Banyuasin III mencoba wahana Perahu.

Harapannya, kedepannya Destinasi Wisata Lubok Panjang ini menjadi tujuan utama wisata masyarakat baik Banyuasin maupun dari luar.

mcngrup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here