Pj. Bupati Banyuasin Launching Desa Pertama Go Digital Kabupaten Banyuasin

0

Banyuasin, HBN Indonesia – Menjawab tantangan akan kemajuan teknologi dalam era serba digital serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas penduduk, Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH melaunching Desa Perdana Go Digital Kabupaten Banyuasin digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Air Kumbang, Rabu (28/02/2024).

 

Desa digital mengintegrasikan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, menciptakan ekosistem yang inovatif dan inklusif. Dengan kehadiran Desa Digital, diharapkan semua aspek kehidupan di Desa bisa menjadi transformasi informasi, mulai dari ekonomi, politik, hukum, budaya, sosial, pendidikan, pertanian, perkebunan dan kesehatan.

 

Sehingga dengan transformasi tersebut, masyarakat Desa kedepan tidak lagi tertinggal oleh informasi, serta mendapatkan pelayanan cukup cepat lewat aplikasi yang dibutuhkan, seperti administrasi serta data yang diinginkan dalam bentuk digital. Sistem Teknologi Digital dapat menampung seluruh informasi penting yang berhubungan dengan usaha pertanian dan Perkebunan setempat, data lahan, ramalan cuaca, pengembangan bibit unggul, yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi Desa.

 

Pj. Bupati Hani S. Rustam berpesan digitalisasi desa bukan hanya sekadar tren, tetapi suatu keharusan untuk memastikan bahwa perkembangan teknologi merata hingga pelosok desa. Dapat kita lihat bersama bahwa desa-desa bukan lagi menjadi penerima teknologi, melainkan pelaku utama dalam menggali potensi dan menciptakan transformasi yang berarti.

 

Desa Digital dengan penerapan teknologi informasi adalah salah satu instrumen yang sangat penting guna menunjang program pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang dimulai dari Desa. “Keterbukaan dan kemajuan teknologi pada era digitalisasi ini harus bisa dirasakan oleh kita dan generasi berikutnya dalam pelayanan informasi publik dan akses yang mudah tanpa menyulitkan, ” jelasnya.

 

Hani S. Rustam menambahkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi ini, juga dibutuhkan untuk kemudahan dan penyelesaian tugas Pemerintah Desa mulai dari pembuatan surat menyurat, izin, pendataan penduduk, pemetaan, pelaporan dan perencanaan pembangunan menjadi jauh lebih mudah.

 

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari Desa Digital, yaitu antara lain:

 

Mempermudah Akses Informasi dan Meningkatkan Wawasan Masyarakat.

Mempercepat Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Meningkatkan Kualitas dan Mempercepat Pelayanan Publik

Meningkatkan Efisiensi di Sektor Pertanian Pintar (Smart Farming), Desa Wisata, dan sebagainya.

Dan memperluas Akses Partisipasi Masyarakat di Desa.

Untuk itu, mari bersama-sama kita mewujudkan desa-desa yang cerdas, terkoneksi, dan siap bersaing di era digital ini.

Pj. Bupati Banyuasin mengharapkan agar setelah launching ini, beberapa faktor pendukung Desa Digital dapat dimaksimalkan agar berjalan sebagaimana mestinya. Bukan sekedar launching semata, tapi berjalan dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

 

Semua intruksi Pj. Bupati Banyuasin disambut baik oleh Kades Sidomulyo, Rahmad. “Kami siap melaksanakan dan melakukan perbaikan dari setiap masukan yang telah disampaikan oleh Bapak Hani Syopiar Rustam selalu Pj. Bupati Banyuasin, ” ungkapnya.

 

“Pada dasarnya kebutuhan akan akses digital di desa sudah menjadi kebutuhan dalam aspek kehidupan dan bentuk pemerataan dalam mendapatkan informasi bagi masyarakat desa. Untuk itu, berkat dukungan dari berbagai pihak yang berwenang dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin maka Desa Digital dapat dilaunching hari ini, terima kasih banyak untuk semua pihak yang bekerja terwujudnya Desa Digital, ” jelas Rahmat.

 

 

Editor tayang Zaki

 

 

Tim media mcngrup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here