Pj Bupati Banyuasin Minta tidak Ada Lagi SPPT PBB Numpuk di Kelurahan

0

Banyuasin HBN – Guna mempermudah wajib pajak dalam melakukan pelaporan pajak dan ketepatan pelaporan pajak. Kabupaten Banyuasin melalui Badan Pendapatan Daerah membuat inovasi Aplikasi Sistem Pelayanan Pajak Elektronik (SIMPPATIK) yang melayani melalui Aplikasi E-SPTPD Pajak Daerah dan E-SPPT PBB.

SIMPPATIK dilaunching langsung oleh Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH berlangsung di Gedung Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kamis (7/03/2024).

Dalam kesempatan istimewa ini, Hani S. Rustam sangat mengapresiasi Bapenda yang dinilai telah berhasil membuat suatu inovasi dalam pelayanan pajak daerah. “Kita ketahui bersama bahwa Pajak Daerah dan Retribusi Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah, ” ungkapnya.

Lanjutnya, Pajak Daerah mempunyai peran strategis dalam meningkatkan kemampuan keuangan daerah yang akan digunakan untuk keperluan daerah dalam memakmurkan rakyat. Untuk itu, harus ada pengoptimalan penerimaan pajak daerah melalui sistem pemungutan sederhana dan efisien agar memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembayaran pajak.

“Terima kasih atas kerja keras bersama, terus saling berkolaborasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga kehadiran dan peran pemerintah makin dirasakan langsung oleh masyarakat, ” tutupnya.

Hani juga meminta, Kaban, Camat, Lurah untuk melakukan kontrol ketat terhadap dokumen SPPT PBB yang numpuk di kelurahan dan jangan ada yang menghindari pajak.

“Pajak retribusi daerah merupakan sumber penting pendapatan daerah, perannya sangat strategis, perlu dilakukan upaya peningkatan penerimaan, dan saya pernah sidak di Kantor Lurah ada SPPT PBB numpuk , nantinya saya tidak mau lagi ada yang numpuk di kelurahan, lakukan kontrol ketat, minta laporan mingguan, tolong pak Roni tidak ada lagi mereka menghindari pajak,Pak Camat tolong lakukan kontrol ketat” tegasnya.

Dia juga berharap pejabat bayar pajak di Banyuasin, jangan cari duit di bayar pajak di Palembang.

Kepala KPP Pratama Sekayu, Aprianto Berlianto yang menyampaikan bahwa inovasi SIMPPATIK ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam membayar pajak secara elektronik. Selain itu membantu pemerintah dalam mendapatkan informasi akurat tentang kondisi pendapatan asli
Daerah Kabupaten Banyuasin.

“Saya ucapkan selamat atas dilaunchingnya inovasi SIMPPATIK ini dan kedepan dapat terus berinovasi untuk kepentingan masyarakat umumnya dan Kabupaten Banyuasin khususnya, ” pungkasnya.

Ucapan Terima kasih atas dukungan dari KPP Pratama Sekayu disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuasin, Roni Utama, AP., M. Si. “Semua ini terwujud atas peran besar dari Pj. Bupati Banyuasin, Bapak Hani Syopiar Rustam yang telah mendesak agar ada inovasi unggulan yang dapat membantu masyarakat secara langsung sehingga lahirnya Aplikasi SIMPPATIK ini, ” ungkap Roni.

Roni menambahkan bahwa sinergi dan pola kerja sama membangun daerah serta semangat Pj. Bupati Banyuasin memberikan peran sangat signifikan terlahirnya gebrakan baru yang dinamai SIMPPATIK, Sistem Pelayanan Pajak Elektronik Kabupaten Banyuasin.

Editor Tayang: Zaki

Tim Media MCNGRUP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here