Banyuasin, HBN Indonesia – Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda litbang) Kabupaten Banyuasin menggelar acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banyuasin Tahun 2025 yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (14/03).

 

Acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kab. Banyuasin Tahun 2025 merupakan agenda untuk menerima masukan dan saran oleh pemangku kepentingan serta berbagai stakeholder yang ada, guna menyempurnakan rancangan awal RKPD, khususnya RKPD tahun 2025.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH mengatakan Pelaksanaan Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD ini salah satu tahapan dalam penyusunan Dokumen Perencanaan yang merupakan momentum untuk memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2025 sampai dengan tersusunnya Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin tahun 2025.

 

“Saya instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar fokus pada target pembangunan baik pada tahun 2024 ini maupun rencana pencapaian pada tahun 2025, evaluasi pencapaian tahun lalu untuk perbaikan dan peningkatan tahun mendatang. Segera lakukan strategi-strategi dan rencana aksi untuk pencapaian target di akhir periode RPD 2024-2026”, tegasnya.

 

Hani S Rustam juga menyampaikan beberapa pencapaian pada tahun 2023 dan isu-isu strategis tahun 2025 di Kabupaten Banyuasin antara lain, Persentase penduduk miskin tahun turun di angka 9,58 persen dari sebesar 10,00 persen pada tahun 2022. Sementara itu Angka pengangguran terbuka juga mengalami penurunan dari tahun 2022 sebesar 3,39 persen menjadi 3,35 persen pada tahun 2023. Ketimpangan Pendapatan di kabupaten Banyuasin juga menurun menjadi 0,265 jika dibandingkan tahun 2022 sebesar 0,283. Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 meningkat cukup baik menjadi 70,67 dari sebesar 69,95 di Tahun 2022.

 

“Saya menghimbau setiap kepala perangkat daerah mengevaluasi capaian kinerja masing-masing perangkat daerah sehingga kedepan dapat disempurnakan. Setiap aktivitas pembangunan yang dilakukan mampu meningkatkan aktivitas perekonomian di masyarakat karena kontribusi sektor ekonomi lokal masih rendah. Beberapa potensi dari sektor ekonomi lokal terus dikembangkan dengan diiringi pembinaan, pendampingan serta mempermudah akses modal”, himbaunya.

 

Sementara itu, Kepala Bappeda & Litbang Kabupaten Banyuasin, Ir. Kosarudin dalam laporannya menyampaikan, Forum Konsultasi Publlik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Banyuasin tahun 2025 ini merupakan salah satu tahap awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk perencanaan Tahun 2025.

 

Penyusunan RKPD Kabupaten Banyuasin Tahun 2025 melalui proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi, dan seleksi usulan program atau kegiatan yang terpadu dimulai dari tahapan Musrenbang Desa atau Kelurahan, Forum Konsultasi Publik, dan selanjutnya akan dilaksanakan Musrenbang Kecamatan, Rapat Teknis, Forum Perangkat Daerah dan Forum Rumpun Perangkat Daerah serta Musrenbang Kabupaten.

 

“Maksud dan tujuan dari pelaksanaan forum konsultasi publik ini adalah sebagai sarana musyawarah para stakeholder untuk mematangkan Rancangan awal RKPD tahun 2025 serta menimbang saran dan kritik yang akan dijadikan bahan penyempurnaan RKPD tahun 2025,” tandasnya.

 

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan berharap Forum Konsultasi Publik ini menjadi ajang untuk menyampaikan aspirasi dan usulan dari masyarakat kepada pemerintah daerah, sehingga pembangunan yang dilakukan dapat lebih merata dan berkelanjutan, serta sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

 

“Kami dari DPRD Banyuasin berharap penyusunan RKPD ini dapat melibatkan DPRD Banyuasin agar selaras dengan agenda Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Banyuasin.

 

 

Editor tayang Zaki

 

Tim media mcngrup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here