Sikap Ombudsman yang Minta Penundaan Siswa Baru Jalur Prestasi di Pertanyakan

0

 

Palembang —HBN indonesia  Ratusan masa yang terdiri dari Mahasiswa, wali murid, anak-anak, dan para aktivis di Sumsel menggruduk kantor Ombudsman Sumsel di Jalan Sudirman Ilir Timur 1 Palembang, Kamis (20/06/2024).

 

Mereka mempertanyakan soal sikap Ombudsman yang meminta penundaan untuk jalur prestasi.

 

Kordinator Aksi Ruben mengatakan, akibat pernyataan Ombudsman Sumsel membuat sekolah takut untuk menerima pendaftaran ulang.

 

“Secara objektif kalau ada laporan silakan diproses, yang laporan silakan diakomodir. Namun yang sudah diterima kami minta tetap berjalan sesuai aturan yang ada,” kata Ruben

 

Menurutnya, Ombudsman tidak boleh menunda, mereka boleh merekomendasikan tapi tidak boleh menunda. Cabut penundaan, silakan proses yang ada dijalankan.

 

“Kita mendukung proses itu tapi jangan ditunda yang sudah diterima. PPDB ini kekurangannya ada beberapa wilayah tidak ada sekolah, maka prestasi jadi numpuk,” ungkapnya.

 

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, M. Adrian Agustiansyah mengatakan, daftar ulang untuk jalur prestasi dilakukan 10-14 Juni artinya tidak ada masalah.

 

“Saya mengeluarkan pernyataan pada 14 Juni malam artinya harusnya sudah selesai pendaftaran. Nah yang melakukan aksi ini menyatakan ada anak nya belum daftar ulang dikarenakan belum sempat. Pas mau daftar ulang sekolah takut karena ada pernyataan saya,” katanya.

 

Menurutnya, silakan yang mau daftar ulang daftar ulang saja, sekolah silakan terima.

 

Mari sama-sama hormat proses yang sedang berjalan ini. Minggu ini sekolah-sekolah SMA yang ada dipanggil, kemudian Minggu depan akan disampaikan saran korektifnya khusus jalur prestasi.

 

“Jalur prestasi ini banyak laporan dari masyarakat, bahwa anaknya mendapatkan point tinggi tapi tidak masuk. Berdasarkan data yang diperoleh di sekolah anak ini masuk, tetapi entah kenapa anak-anak yang diterima ini terlempar. Inilah yang masih didalam seperti apa,” ungkapnya.

 

Menurutnya, laporan masuk dari semua sekolah favorit seperti SMA 1, 5, 6, 17 dan lain-lain.

Editor tayang Zaki

Tim media mcngrup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here