700 Pemancing Mania Ikuti Lomba Mancing OI Bangkit Memperebutkan Satu Unit Motor Matic

0
Iklan Ads

OGANILIR,HBNINDONESIA – Ratusan pemancing Maniah ikuti Lomba mancing dalam rangka menyambut HUT ke-19 Kabupaten Ogan Ilir pada 7 Januari tahun depan, yang berlokasi di Balai Benih Ikan (BBI) Ogan Ilir di Tanjung Pering, Indralaya Utara.

Ketua Panitia Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit, Bustanul Arifin mengatakan, lomba ini diselenggarakan oleh Forum Komunitas Mancing (FKM) Caram Seguguk.”ucapnya”.

Lanjutnya menyampaikan, lomba memancing ini dalam rangka menyambut HUT ke-19 Kabupaten Ogan Ilir yang jatuh  pada 7 Januari tahun depan, yang diikuti lebih kurang 700 peserta yang ikut dalam Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit ini.

Adapun pesertanya berasal dari Ogan Ilir, dari OKI,Banyuasin,Palembang, dan Prabumulih.

Panitia pun telah menebar dua macam ikan yakni lele dan patin sebanyak 3 ton dengan bobot per ekor bervariasi.

Untuk pemenang lomba mancing kita bagi menjadi dua kategori, terberat dan terbanyak.

Untuk kategori terberat, berlaku untuk kedua jenis ikan dan juara pertama mendapatkan hadiah sepeda motor matic, juara dua sepeda gunung serta uang tunai dan juara tiga TV LED serta uang tunai.

Sementara kategori terbanyak, khusus ikan lele karena jumlah yang ditebar lebih banyak dibanding patin.

Kategori terberat hanya juara satu dan dua. Juara satu dapat TV LED plus uang tunai dan juara dua dapat fishing tackle set atau alat pancing dan uang tunai.

Selain hadiah ada juga doorprize bagi para peserta yang belum beruntung mendapatkan ikan terberat maupun terbanyak.”ungkap Bustanul.”

Sementara Bupati OI Panca Wijaya Akbar mengatakan, memancing merupakan cara menangkap ikan paling ramah lingkungan. Kita ingin menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara yang tidak dibenarkan,” kata Panca.

Cara yang tidak dibenarkan dimaksud Panca seperti menggunakan setrum dan racun potasium.

“Di tahun mendatang, Pemkab Ogan Ilir akan restocking atau menebar ratusan ribu benih ikan ke sungai-sungai di Ogan Ilir. Maka cara menangkap ikan harus benar agar tidak merusak lingkungan,” pesan Panca.

Panca juga langsung membuka lomba mancing ogan ilir bangkit yang didampingi unsur Forkopimda menebar ikan patin yang memiliki bobot 5 hingga 12 kilogram per ekor.

Lele dengan bobot 1 hingga 2 kilogram per ekor juga dilepas ke kolam BBI Ogan Ilir.

(SMSI OI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here