Makmurkan Masjid, Remaja di Desa Pelajau Gelar Tadarusan Usai Shalat Tarawih

0
Iklan Ads

Banyuasin| HBNINDONESIA- Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena merupakan bulan penuh berkah. Pada bulan Ramadan, semua warga muslim selalu memanfaatkan waktu malam hari setelah salat tarawih dengan membaca Al-quran atau tadarusan.

 

Seperti yang dilakukan Remaja di Dusun 3 Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin lll Kabupaten Banyuasin, yang rutin menggelar tadarus usai salat Tarawih di Mushola Al Hikmah.

 

 

Kepala Desa Yahya mengaku bangga dengan remaja di Desanya, yang gemar ikut Tadarusan usai shalat tarawih. Walaupun remaja saat ini ditengah gempuran teknologi yang semakin canggih, Yahya sangat mengapresiasi kegiatan yang bersifat keagamaan.

 

Setiap bulan Ramadan, pengurus dan jemaah masjid selalu mengadakan kegiatan tadarus dan yang patut di dukung serta apresiasi yakni remaja dan anak-anak, di banyak tempat tak banyak melakukan kegiatan tadarusan usai shalat tarawih apalagi zaman sekarang banyak remaja jadi kaum rebahan dengan bermain handphone, namun di Desa Pelajau nampak remaja dan anak-anak tetap antusias mengikuti kegiatan keagamaan.

 

Kegiatan yang berlangsung sejak dulu sudah menjadi kebiasaan dan memang dianjurkan. Bukan di Dusun 3, di Dusun 2 dan 1 sama menggelar tadarus Al-Qur’an.

 

Suasana masjid tidak langsung sepi begitu salat tarawih selesai, karena banyak juga ibu-ibu maupun bapak-bapak dan yang mengikuti tadarus bersama.

 

Tujuan digelarnya tadarus berjemaah antara lain untuk memakmurkan masjid. Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepada jemaah kaum ibu, dan para pemuda yang telah lancar membaca Al-Quran untuk bisa mengkhatamkan Al-Quran secara berjemaah.

 

Yang menarik tadarus Al-Qur’an ini, untuk keperluan kegiatan tadarus bersama kaum ibu itu ada yang biasa membawa makanan dari rumah untuk dinikmati oleh para peserta tadarus setelah acara selesai. Semua makanan disediakan oleh warga sekitar.

 

Bulan Ramadhan momen yang baik dan mesti dilakukan sangat gembira dengan kegiatan tadarus berjemaah, Selain masjid tampak ramai setelah selesai salat tarawih, juga kegiatan tersebut menghidupkan masjid hingga selesai Ramadan.

 

Kegiatan tadarus di setiap Ramadan yang dilakukan secara berjemaah. Selain menambah amal ibadah, kegiatan ini juga membuat semua jemaah terpacu untuk senantiasa meningkatkan cinta membaca Al-uran.

 

(Redaksi)

Liputan Khusus Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here