Muba Terus Optimalkan Satudata SIMDA STASTIK yang Terintegritas

0
Iklan Ads

HBN-, Peran penting Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (SIMDA STATISTIK) di era 4.0 semua kebutuhan akan data akan menjadi lebih mudah untuk di manage. Sehingga output dari Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (SIMDA STATISTIK) dapat dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan yang akan datang serta membantu proses pengambilan keputusan bagi kepala daerah.

 

Dalam hal peningkatan kapasitas terkait teknologi serta sistem informasi SatuData, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melakukan Kunjungan Kerja ke dinas kominfo kota Bogor, kunjungan ini diterima langsung oleh kepala dinas Kominfo kota Bogor diwakili kepala Bidang Egoverment Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam,SSTP., didampingi kepala seksi pengolahan data dan kepala seksi penyajian data dinas kominfo kota Bogor.

 

Kunjungan kerja yang dilakukan selain untuk sharing transfer knowladge juga diharapkan dapat menjadi motivasi sekaligus optimalisasi demi pelayanan publik kepada masyarakat dg cepat, tepat, terukur dan efisien ujar Kepala Dinkominfo Muba dalam hal ini diwakili oleh sekretaris dinas H.Nurzahrawati, S.Pd MT, selaku ketua rombongan didampingi kepala bidang Statistik Sektoral Irma Santi Dewi,ST, tim statistik sektoral dan Tim bidang aptika serta tim dari bappeda Muba.

 

H.Nurzahrawati menjelaskan bahwa kunjungan kerja ke Bogor merupakan salah satu upaya optimalisasi sistem aplikasi satu data muba yang terintegrasi dengan aplikasi di tiap produsen data dalam hal ini dinas kominfo sesuai amanat perpres no.39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia salahsatunya kominfo sebagai pilot leader seluruh OPD dalam bersinergi untuk portal satudata dalam memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan, diperlukan perbaikan2 tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah daerah melalui penyelenggaraan Satu Data indonesia.

 

“Kami memilih Kota Bogor dikarenakan disini portal satudata yang sudah terintegrasi dalam satu organisasi dan manajemen di dinas kominfo kota Bogor sudah terlaksana. Hasil kunjungan ini akan menjadi referensi bagi kami dalam proses iintegrasi pengelolaannya menjadi satu nantinya.

 

Sementara Kepala Diskominfo kota Bogor Rahmat Hidayat ,S.Sos,MM melalui kepala bidang Egovernment Oki Tri Fastiasta menyampaikan terimakasih dan menyambut baik karena selain menjalin silaturahmi juga mendapatkan informasi dari Dinkominfo Muba bahwa Muba menyusun dan menyiapkan pengembangan aplikasi satudata serta forum satudata muba.

 

“Dalam hal ini kami dapat belajar dengan Muba dalam upaya pemenuhan informasi dan memberikan layanan prima terbaiknya meskipun dengan jangkauan wilayah yg begitu luas ”, ujar Oki. (Mai)

 

Sb : Pemkab Muba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here