Polres Banyuasin Seleksi Calon Duta Lalulintas 2022

0
Iklan Ads

Banyuasin, HBN Indonesia – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan melakukan seleksi calon duta lalu lintas. Untuk 2022 sudah dilakukan seleksi akhir.

 

“Saat ini sedang proses seleksi, proses sedang dilakukan wancara juri, ada tiga juri seleksi dari Kepolisian, Penggiat Seni, Bujang Gadis Banyuasin” ungkap Kapolres Banyuasin AKBP Imam Safi’i melalui Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Ricky Mozam, Kamis (9/3).

 

Diawali dengan pembukaan sosialisasi ke sekolah sekolah terkait program Duta Lalu Lintas 2022. Kemudian dilakukan seleksi pengujian wawasan tertib lalulintas. Dalam tahap ini, jelas Kasat Lantas, peserta diberikan materi berupa pelajaran teori dan praktek dalam berlalu lintas.

 

“Mereka harus melalui rangkaian memahami tertib berlalulintas, undangan-undang kepolisian untuk mengedukasi di sekolahnya masing-masing,”ungkapnya.

 

Karena calon Duta Lalu Lintas, kata dia, bukan masalah tampan dan terkenal namun juga calon duta ini haruslah memiliki pengetahuan tertib lalulintas, wawasan undang-undang kepolisian.

 

Banyak siswa berminat terutama mereka yang memiliki prestasi akademi yang mumpuni. “Jumlah yang diseleksi 27 peserta dan diseleksi lagi jadi 20 peserta,” ungkap Kasat Lantas.

 

Nantinya pihaknya akan melakukan seleksi bakat kemampuan sekaligus penentuan akhir para peserta yang lolos. “Nantinya dari sejumlah peserta tersebut akan dipilih Juara 1 siswa terbaik dan Juara 1 siswi terbaik dari setiap kategori. Serta yang terpilih ini akan dilantik sebagai Duta Lalu Lintas kemudian diberi penghargaan oleh Kapolres, ” katanya.

 

Pihaknya berharap peserta yang lolos ini merupakan pilihan, artinya sebagai sosok Duta Lalu Lintas adalah peserta yang benar-benar paham, mengerti tentang lalu lintas.

 

Sebagai duta nantinya bagi calon peserta yang lolos diharapkan mampu menjadi tauladan maupun contoh berlalu lintas dengan tertib baik bagi diri sendiri, keluarga, teman teman sekolah hingga lingkungan tempat tinggal mereka. “Intinya seleksi duta lalu lintas ini sebagai upaya kepolisian dalam rangka optimalisasi kampanye pelopor keselamatan berlalu lintas khususnya di Banyuasin, ” jelasnya. (Red/Indah)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here