Realisasi Dana Desa di Kecamatan Tungkal Ilir di Duga Tidak Transparan

0
Fhoto : djpb.emenkeu.go.id
Iklan Ads

Banyuasin, HBN Indonesia – Realisasi anggaran Dana Desa, Desa dalam Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin di pertanyakan, pasalnya penggunaan dana desa diduga tidak transparan dan terkesan ditutup-tutupi.

 

Menurut sumber media ini, Rabu (29/12) bahwa seharusnya penggunaan dana desa wajib dipublikasikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa diruang publik yang dapat diakses.

 

“Penggunaan Dana Desa Desa wajib dipublikasikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat Desa yang dilakukan secara swakelola dan partisipatif dengan melibatkan peran serta masyarakat Desa.”katanya.

 

Menurut dia, Pelaporan penggunaan Dana Desa merupakan proses penyampaian data dan/atau informasi Dana Desa mengenai perkembangan, kemajuan setiap penggunaan Dana Desa.

 

“Seharusnya Pemerintah Desa wajib memberi tahu kepada masyarakat, Sarana Publikasi penggunaan Dana Desa dapat dilakukan melalui, baliho, papan informasi Desa, media elektronik, media cetak, media sosial, website Desa, selebaran (leaflet), pengeras suara di ruang publik, media lainnya sesuai dengan kondisi di Desa, namun selama ini tidak ada yang melakukan itu sehingga kami menduga sengaja ditutup-tutupi,” keluhnya.

 

Sementara Pihak Kecamatan Tungkal IlirĀ  mengatakan bahwa Kades dalam wilayah Kecamatan Tungkal Ilir susah dihubungi.

 

“Kita tidak pernah bertemu dan susah dihubungi,”kata pihak Kecamatan singkat.

 

Red HBN Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here