PALEMBANG – Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH bersama Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin Irian Setiawan, SH.,MH menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-77 Provinsi Sumatera Selatan, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Senin (15/5).

Rapat paripurna hari jadi Provinsi Sumsel Ke-77 yang mengusung tema “Bersinergi Mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua” dibuka langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Hj. RA. Anita Noeringhati, SH.,MH.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono mengucapkan selamat hari jadi Provinsi Sumsel Ke-77 semoga keberhasilan yang telah dicapai akan terus ditingkatkan, dan gerakan Sumsel mandiri pangan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Sumsel juga telah dijalankan oleh Kabupaten Banyuasin melalui 12 gerakan bersama masyarakat yaitu gerakan tanam sayur (gertas).

 

“Sesuai dengan temanya bersinergi wujudkan Sumsel maju untuk semua, tentunya Pemerintah Kabupaten akan bersinergi meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani serta menurunkan kemiskinan guna mencapai kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Hj. Anita dalam sambutannya menyampaikan, peringatan HUT Provinsi Sumsel Ke-77 tentunya penuh harapan dan kegembiraan karena telah hilangnya covid 19 yang melanda kita semua. Sehingga kita semua masih bisa merayakan hari jadi Provinsi Sumsel, adanya kemajuan daerah yang telah maju tentunya sangat banyak keinginan untuk memantapkan menjadi Provinsi Sumsel yang terbaik. Untuk menuju masyarakat sejahtera baik tingkat Provinsi dan Kabupaten agar mendapatkan pengakuan pemerintah pusat.

Dalam perayaan hari jadi Provinsi Sumsel kita juga telah mengadakan bazar UMKM dari tanggal 14-15 Mei 2023 yang menampilkan beberapa produk kuliner, kerajinan dan pada tanggal 21 Mei nanti akan diadakan karnaval mobil hias.

“Melalui HUT Provinsi Sumsel Ke-77 ini kita berikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur atas banyak penghargaan yang telah diraih diantaranya penghargaan inovatif development tahun 2022, penurunan stunting. Kita harus saling bahu-membahu untuk mewujudkan program mengetaskan kemiskinan dan gerakan Sumsel mandiri pangan (GSMP). Tentunya kita harus tunjukkan karya demi mengembangkan Sumsel yang maju dan bermutu, dan demi kejayaan Sumsel yang akan datang,” katanya

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan mengatakan pada tahun 2007 Provinsi Sumsel dimekarkan dan ditetapkan pada tanggal 15 Mei untuk hari jadi Provinsi Sumatera Selatan sehingga sekarang telah mencapai usia 77 Tahun. Ada 13 Kabupaten dan 3 kota tentunya memiliki tujuan untuk mewujudkan Sumsel maju. Keberhasilan Pemerintah Sumsel dalam menjalankan suatu program GSMP untuk menuju program gizi berkelanjutan. Program ini ajakan untuk merubah pola pikir kita yang sebelumnya konsumtif menjadi produktif.

“Kejayaan Sumsel bisa dilaksanakan dengan bekerjasama, berkoordinasi untuk bersinergi. Tentunya saya mengajak Walikota dan Bupati selalu bersatu padu membangun Sumsel maju, mensuksekan ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dilanjutkan Gubernur, pertumbuhan berhasil bangkit menjadi 5,3 persen dari 0,11 persen pada tahun 2020 dalam pandemi covid 19 capaian ini paling tinggi di Sumatera Selatan. Tingkat kemiskinan pada September 2022 menjadi 11,9 persen tingkat terendah dalam 2 tahun terakhir. Dari tahun ke tahun lebih baik dari nasional pengangguran menurun, indeks pembangunan manusia mencapai kategori tinggi 70,90 persen, dan penurunan stunting berbagai capaian tidak lepas dari peran semua stakeholder terkait. Terutama pembangunan Infrastuktur 38 jembatan dari penjuru Kabupaten penjuru Kabupaten dan Kota, rumah sakit, semuanya telah dibangun dengan dana 4 triliun selama 4 tahun berjalan.

“Kita semua harus bersinergi, bersinergitas, dan bersatu serta bekerja keras dan berkarya sehingga Provinsi Sumsel semakin maju untuk kesejahteraan kita semua. Saya juga memberikan apresiasi tertinggi kepada semua atas dedikasinya selama ini sehingga telah banyak penghargaan dan capaian yang telah diperoleh oleh Provinsi Sumsel selama ini,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Gubernur, Mantan Gubernur Sumsel periode 2003-2008 H. Syahrial Oesman, Wakil Gubernur H. Ishak Mekki, Wakil Menteri Dalam Negeri l, Kepala BPKP RI dan Ketua BPKP Provinsi Sumsel, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Pangdam Sriwijaya, Kejakasaan Tinggi, Ketua Adhyaksa, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Agama Tinggi, Sekretaris Daerah, Walikota Bupati Se-Sumsel, Para Pimpinan Vertikal, BUMN dan BUMD, Rektor Universitas Se-Sumsel.

(Diskominfo/IKP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here